Asal Usul Nama SAKTI

Akhir-akhir ini pertanyaan seputar SAKTI sering sekali muncul di berbagai kesempatan. Ditanyakan sekaligus dinanti-nantikan. Apakah SAKTI itu?

Berikut adalah sepenggal cerita mengenai munculnya istilah ini : SAKTI merupakan singkatan dari Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI), suatu aplikasi satker yang terintegrasi yang dibangun guna mendukung implementasi Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN). Saat ini aplikasi tersebut sedang dalam proses pengembangannya. Direncanakan pada akhir tahun 2011 aplikasi tersebut telah selesai dibangun dan diujicobakan.

Pada mulanya, penamaan aplikasi baru yang nantinya digunakan seluruh satker ini sebenarnya belum resmi digunakan. Namun guna mempermudah pemberian identitas terhadap aplikasi yang sedang dibangun ini, digunakanlah nama SAKTI. Sejak penggunaan kata-kata SAKTI, tidak banyak yang mengkritisi, malahan dibenak mereka langsung tertanam bahwa itu adalah aplikasi satker baru yang terintegrasi dan akan digunakan untuk mendukung SPAN.

Diskusi penamaan aplikasi satker yang terintegrasi ini muncul ketika diterapkannya pemakaian Colaboration Environment (CE) di lingkup Direktorat Transformasi Perbendaharaan. CE adalah sebuah platform sistem manajemen dokumen berbasis web yang menggunakan tools Microsoft SharePoint. Cukup dengan login menggunakan akun Kementerian Keuangan untuk mengakses jaringan Pusintek pengguna dapat mengakses dokumen-dokumen dan sharing permasalahan dengan sesama pengguna lainnya. Pada tanggal 14 Juli 2010, muncul topik diskusi penamaan aplikasi satker oleh rekan-rekan di Subdit Transformasi Sistem Aplikasi (TSA). Usulan pertama yang muncul sifatnya masih memaksa, yaitu KASI SAJA yang berasal dari singkatan apliKASI SAtuan kerJA. Usulan berikutnya sudah lebih baik, yaitu SIAP KERJA (SIstem APlikasi satuan KERJA). Usulan ketiga walaupun pengusul seorang pria tetapi usulannya cukup feminim, yaitu LISA singkatan (apLIkasi SAtker). Dan terakhir Miesbaqoel Moenir mengusulkan dengan guyon tapi bermakna kata "SAKTI" (Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi).

Itulah sekelumit cerita tentang munculnya kata SAKTI sebagai penamaan Aplikasi Satuan Kerja Tingkat Instansi yang kita harapkan dapat dioperasikan dan digunakan pada bulan April 2012 nanti untuk menginput data RKAKL Tahun Anggaran 2013.

Kontributor : Isnain Fikriansyah (DTP) /riss

Beri Peringkat :

Your rating: None Average: 4.2 (14 votes)

Beri Komentar

Silakan login atau daftar dulu untuk mengirim komentar

Komentar Anda :

Inilah Orang yang Memberikan Nama Bima Sakti untuk Galaksi Kita

Sempat dengar arti Milky Way? Ya, Milky Way adalah sebutan untuk galaksi tempat Matahari serta delapan planetnya termasuk juga Bumi bernaung.

Milky Way yang berarti " Jalur Susu " yaitu sebutan galaksi kita oleh beberapa orang barat. Di Indonesia, kita umum mengatakannya Bima Sakti.

Dari tempat mana asal-usul nama Bima Sakti ini? Nyatanya, orang yang memberi nama Bima Sakti yaitu presiden pertama Indonesia, Ayah Ir. Soekarno.

Galaksi Bima Sakti yang senantiasa membentang di langit malam membuat lukisan naga samudra yang membelit badan Bima.

Soekarno menyebutkan itu doa qunut waktu bertandang ke Observatorium Bosscha, Lembang, Bandung. Beliau lihat photo Galaksi Milky Way. Mendadak, beliau melemparkan kata " Bima Sakti ".

Menurut beliau, pusat hitam pada Galaksi Bima Sakti melukiskan bayangan hitam serta aura cemerlang, serta melukiskan sosok tokoh pewayangan yakni Bima.

Citra gelap jelas itu melukiskan Bima tengah bertanding dengan naga samudra yang membelit badannya.

Soekarno mencuplik satu adegan dalam Serat Dewa Ruci, waktu Bima masuk ke samudra untuk mencari air kehidupan (Tirta Kamandanu).

Dia menngunakan ajian pengetahuan pembelah laut, Jalasengara. Hal tersebut buat geram naga laut penghuni samudra. Bima juga berkelahi dengan naga itu, yang pada akhirnya dimenangi Bima.

Sudah mengetahui kan dari tempat mana asal-usul nama Galaksi Bima Sakti?

Bagikan Artikel Ini :

Report - LKPP

Cari tahu jawabannya di halaman  F.A.Q.